Kini laundry kiloan menjadi salah satu usaha rumahan yang sering kali dilakukan oleh banyak kalangan. Bukan hanya dari kalangan elit, melainkan juga oleh kelompok menengah ke bawah, terlebih untuk para mahasiswa dan juga ibu rumah tangga.

Dulu kita memang sering menemukan usaha laundry kiloan di lingkungan perkotaan. Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, usaha ini juga sudah banyak kita temukan di pedesaan, sebab melihat peluang yang menguntungkan dan banyak yang membutuhkan jasanya.

Analisa laundry kiloan yang bisa diterapkan oleh kalangan pemula

Sebagian dari kita mungkin dulu hanya melihat usaha laundry kiloan di lingkungan perkotaan. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman ternyata ada juga usaha serupa yang sudah mulai banyak ditemukan di lingkungan pedesaan. Hal ini menjadi salah satu bentuk kemajuan yang pesat dari usaha laundry sebagai pemenuh kebutuhan masyarakat.

Kita memang yak bisa memungkiri bahwa kebutuhan untuk mencuci dan mengeringkan baju sering kali menjadi kendala untuk beberapa orang. Ada sejumlah orang yang tak memiliki banyak waktu untuk melakukan keduanya sendiri atau justru kekhawatiran bahwa pakaian yang dicuci tak bisa kering karena sudah memasuki musim hujan.

Kedua alasan seperti yang ada di atas menjadikan usaha laundry kiloan sebagai solusi untuk mengatasinya. Dengan menggunakan jasa laundry, siapa pun bisa mendapat sisi praktis karena pakaian yang mereka cuci juga bisa dikeringkan secara langsung. Hal ini akan lebih praktis dan aman, terlebih jika mereka khawatir pada saat memasuki musim hujan.

Kehadiran usaha seperti ini juga bisa memberi peluang untuk banyak orang yang memilikinya. Dengan membuka usaha laundry, mereka akan mendapat pelanggan secara mudah karena jelas jasa yang mereka berikan menjadi kebutuhan. Hal ini juga yang membuat mereka bisa mendapat penghasilan yang menguntungkan dan juga cenderung konsisten.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, laundry kiloan menjadi salah satu bisnis yang dianggap menguntungkan dan ada banyak orang yang membutuhkan jasa ini. akan tetapi, di samping itu, bila kita tinjau dari segi analisa, usaha ini hasilnya akan memberi keuntungan dan juga akan meningkatkan perekonomian orang yang memiliki usaha yang satu ini.

Siapa pun yang memiliki usaha laundry ada baiknya juga menerapkan analisa yang tepat agar tujuan yang terperinci serta target hasil bisa dicapai. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat analisa laundry kiloan, terutama untuk pemula. Ini dia beberapa langkah tersebut.

  1. Biaya operasional

Anda bisa membuat rincian biaya operasional. Misalnya seperti berikut.

  1. Biaya listrik
  2. Penyeterika per kg
  3. Detergen dan pewangi
  4. Karyawan cuci
  5. Lain-lain

2. Hitung penghasilan kotor

Anda bisa menghitung penghasilan kotor per hari. Hitunglah penghasilan kotor per hari ini dan dikalikan jumlah hari dalam sebulan.

3. Hitung penghasilan bersih

Berikutnya Anda perlu menghitung penghasilan bersih laundry kiloan. Caranya adalah dengan mengurangi penghasilan kotor dengan biaya operasional.

               Pada rincian di atas masih belum termasuk biaya peralatan yang tak permasuk dalam kebutuhan bulanan. Akan tetapi, untuk modal tetap mesin laundry untuk pemula, Anda bisa menggunakan mesin single. Hal ini bisa Anda anggarkan juga dengan memasukkannya ke biaya operasional pada bagian lain-lain.

                Itulah analisa laundry kiloan yang bisa Anda terapkan, termasuk untuk pemula. Pastikan Anda melakukan analisa dengan tepat dan cermat. Hal ini juga tergantung dengan jumlah karyawan dan mesin serta jumlah pakaian yang Anda cuci per hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.