Laundry adalah salah satu jenis bisnis yang kini sangat mengguirukan. Selain peluangnya bagus, bisnis laundry cukup menjanjikan. Selain bisa dikerjakan di rumah, usaha laundry ini sebenarnya cukup mudah dilakukan. Bagi Anda yang berencana untuk membuka usaha ini, pastikan Anda tahu bagaimana cara atau tips memilih mesin laundry. Jangan asal memilih, nanti kalau asal, sangat sayang jika cepat rusak. Bukannya untung malah buntung kalau salah pilih mesin laundry.

Berikut ini ada tips memilih mesin laundry.

  1. Listrik yang Digunakan
    Usaha laundry dengan mesin cuci sangat bergantung dengan energi listrik. Oleh sebab itu, listrik adalah prioritas yang utama. Sebelum membeli mesin laundry, tentunya daya listrik yang dimiliki harus disesuaikan. Kalau ingin maksimal, anda juga dapat menambah daya listrik di tempat usaha. Biasanya mesin cuci yang memiliki fitur banyak, maka daya listriknya juga akan semakin tinggi.
  2. Pilih Tempat Usaha yang Memadai
    Kalau Anda ingin membuka usaha laundry, usahakan untuk mencari tempat yang memadai. Memadai di sini bukan berarti hanya luas, namun bisa juga mudah dengan sumber air bersih, mudah untuk mengeringkan baju, dan juga untuk menyetrika. Tinggal pintar-pintar untuk mensiasati keadaan kios atau tempat usaha.
  3. Budget yang Disiapkan
    Jika ingin membuka usaha, hal yang paling penting adalah melihat budget yang dimiliki. Mesin laundry yang cocok untuk pemula antara lain adalah IPSO, Maytag, LG commercial, dan Domus. Selain karena menawarkan mesin-mesin dengan berbagai fitur, harganya ramah di kantong. Pastinya kualitasnya tidak diragukan. Anda harus memperhatikan betul-betul spesifikasinya karena mesin adalah investasi jangka panjang. Kalau memilih yang harganya sedikit lebih mahal pun bukan masalah.
  4. Mesin Otomatis atau Semi Otomatis
    Secara umum, mesin cuci dibagi menjadi dua. Ada mesin cuci yang otomatis dan semi otomatis. Mesin otomatis tentu memerlukan sedikit campur tangan manusia. Keuntungan dari msin laundry ini adalah hemat tenaga dan hemat efisien waktu. Tapi harganya tentu sedikit lebih mahal dari mesin yang semi otomatis.
  5. Mempertimbangkan Lingkungan
    Kalau mau membuka usaha laundry, Anda juga harus survey lingkungan. Hal ini penting untuk membidik sasaran konsumen. Kalau Anda membuka usaha di pedesaan atau kampung yang mana ibu-ibu rumah tangga lebih suka mencuci sendiri tentunya usaha laundry kurang diminati. Usaha ini biasanya akan sangat laku bila dijalankan di daerah ramai seperti dekat kampus, rumah sakit, dan lain-lain.
  6. Pilih Toko yang Terpercaya
    Sebelum membeli mesin untuk laundry, Anda juga dapat survey toko-toko yang terpercaya. Biasanya toko yang terpercaya akan menjual produk Domus, IPSO, Maytag LG Commerial, dan sebagainya dengan garansi yang terpercaya. Dengan adanya garansi, kalau ada kerusakan yang disebabkan bukan akibat penggunaan bisa dikomplain. Jadi Anda tidak akan merugi.
  7. Garansi
    Seperti sudah dibahas di atas, garansi adalah hal penting sebelum membeli mesin laundry. Kenapa? Dengan garansi yang terpercaya dari toko yang Anda beli, kalau setelah masa beli dan ada hal yang tidak beres saat digunakan, Anda dapat mendapatkan reparasi dengan gratis.  Bayangkan jika Anda tidak mendapat jaminan gratis dari toko, dan baru beberapa hari sudah ada masalah. Tentu repot bukan?

Nah, demikian ada 7 tips sebelum membeli mesin laundry. Pastikan sebelum membuka usaha laundry, anda memperhatikan hal-hal di atas. Meski sepele, ini akan berdampak besar untuk usaha Anda ke depannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.