Perbedaan Pengering Listrik dan Pengering Gas Laundry

Dryer Laundry memegang peranan cukup penting dalam bisnis laundry. Apalagi ketika musim hujan, dryer laundry ini menjadi salah satu barang yang paling dicari. Dalam perkembanganya, mesin dryer laundry lebih dari sekedar mengeringkan, bahkan mesin dryer laundry pabrikan yang bisa berfungsi sekaligus melembutkan.

Selain mengandalkan energi matahari, dalam bisnis laundry yang sudah modern kini juga sudah banyak yang menggunakan mesin pengering otomatis /dryer supaya pengeringan pakaian lebih cepat. Ada 2 jenis dryer di pasaran, yakni yang bertenaga listrik atau menggunakan gas LPG.

Berikut penjelasan , kelebihan dan kekurangan dari masing- masing jenis pengering:

Mesin Pengering Gas
Yang memilih untuk lebih menghemat listrik, menggunakan pengering gas menjadi jawaban yang tepat.  Kelebihan dari penggunaan pengering jenis ini terdapat pada hematnya penggunaan listrik. Listrik yang digunakan untuk mesin pengering bahan bakar gas hanya mengonsumsi listrik hingga mulai dari 100 – 300 Watt saja.

Kelebihan lainnya dari mesin pengering jenis ini adalah kemampuan mengeringkannya yang lebih cepat dibanding pengering listrik. Sehingga lebih hemat energi, efisien waktu, baju lebih lembut dan mudah diseterika. Dengan kapasitas yang besar dan pekerjaan yang cepat membuat pengering gas sangat cocok untuk kebutuhan laundry besar bukan

Pada kekurangannya, mesin pengering pakaian bahan bakar gas memiliki sistem operasional yang tidak sepraktis mesin pengering listrik. Penggunaan pengering berbahan gas juga tetap memerlukan listrik, meskipun tidak memakan Watt yang besar. Selain itu,harus mengganti tabung gas secara berkala tiap habis.

Mesin Pengering Listrik
Mesin pengering tenaga listrik membutuhkan kapasitas listrik dengan kisaran 1000-2200 Watt bahkan lebih untuk dapat digunakan. Memang lebih boros daripada mesin pengering dengan gas LPG. Namun mesin ini lebih praktis karena Anda tidak perlu repot mengganti gas. Harganya pun terbilang lebih murah. Kekurangannya terletak pada proses pengeringan yang relatif lebih lama dari model pembandingnya.

Kelebihan dari penggunaan mesin pengering listrik terdapat pada kepraktisan dalam penggunaannya. Kamu tidak perlu repot berurusan dengan tabung gas yang habis. Mesin pengering listrik juga terbilang lebih murah dibandingkan dengan mesin pengering gas. Hanya saja kekurangan dari mesin pengering listrik terdapat pada proses pengeringan yang relatif lebih lama dan boros listrik.

Pengering listrik kurang efisien karena butuh waktu lama untuk memanaskan koil. Selain itu, mengeringkan beban pakaian membutuhkan lebih banyak waktu dan energi daripada dengan pengering gas. Pengering listrik akan membutuhkan waktu dua kali lebih lama untuk mengeringkan pakaian dibanding pengering gas.

Secara harga Pengering listrik  lebih murah jika dibandingkan dengan Pengering laundry gas, tapi membutuhkan minimal 2.200 Watt daya listrik saat menggunakannya. Proses pengeringan juga cenderung lebih lama jika dibandungkan dengan dryer laundry gas. Tetapi pengoperasiannya cenderung lebih mudah.

Jika dilihat dari biaya opersionalnya, Pengering laundry gas lebih hemat jika dibandingkan dengan Pengering listrik, sebab Pengering listrik minimal membutuhkan daya sebesar 2.200 Watt hanya untuk satu mesin sedangkan Pengering laundry gas hanya 100- 300 Watt bahkan kurang dan membutuhkan sedikit gas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.